Loyalitas Karyawan - Pengertian, Cara Meningkatkan, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Dimensi, Indikator, Dan Peran Manajer SDM

Loyalitas Karyawan



Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Dimensi, Indikator, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Cara Meningkatkan, dan Peranan Manajemen SDM Dalam Membangun Loyalitas Karyawan.




Daftar isi
  1. Pengertian Loyalitas Karyawan
  2. Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan
  4. Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Membangun Loyalitas Karyawan
  5. Dimensi dan Indikator Loyalitas Karyawan


Pengertian Loyalitas Karyawan


Secara umum, definisi atau pengertian loyalitas karyawan adalah kesetiaan, pengabdian, dan kepercayaan yang diberikan atau ditujukan kepada seseorang atau lembaga, yang di dalamnya terdapat rasa cinta dan tanggung jawab untuk berusaha memberikan pelayanan dan perilaku terbaik.



Selain pengertian atau definisi loyalitas karyawan di atas, ada beberapa definisi atau pengertian loyalitas karyawan, antara lain:


  1. Definisi atau pengertian loyalitas atau kesetiaan karyawan adalah salah satu unsur yang digunakan dalam penilaian karyawan yang mencakup kesetiaan terhadap pekerjaannya, jabatannya, dan organisasi. Loyalitas karyawan ini dicerminkan oleh kesediaan karyawan menjaga dan membela organisasi di dalam maupun di luar pekerjaan dari rongrongan orang yang tidak bertanggung jawab.

  2. Defimisi atau pengertian loyalitas karyawan adalah kesetiaan terhadap perusahaan yang tercermin pada sikap karyawan yang mencurahkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, melaksanakan tugas dengan tanggung jawab, disiplin serta jujur dalam bekerja. Loyalitas karyawan ini dapat tercermin dari terciptanya suasana yang menyenangkan dan mendukung di tempat kerja, menjaga citra perusahaan, dan adanya kesediaan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lebih panjang.


Berdasarkan beberapa teori mengenai definisi atau pengertian loyalitas karyawan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa definisi atau pengertian loyalitas karyawan adalah kesetiaan karyawan terhadap pekerjaan, jabatan, dan organisasi. Apabila karyawan merasa nyaman bekerja di dalam organisasi tersebut, maka loyalitas karyawan akan muncul yang dicerminkan dengan mencurahkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, melaksanakan tugas dengan tanggungjawab, disiplin serta jujur dalam bekerja.



Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan


Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan loyalitas karyawan terhadap pekerjaan, yaitu :


  1. Pertama, cara meningkatkan loyalitas karyawan yaitu dengan menciptakan Hubungan yang erat antar karyawan.

  2. Kedua, cara meningkatkan loyalitas karyawan yaitu dengan menciptakan Suasana saling keterbukaan dalam hubungan kerja.

  3. Ketiga, cara meningkatkan loyalitas karyawan yaitu dengan menciptakan rasa saling pengertian antara pimpinan dengan karyawan.

  4. Keempat, cara meningkatkan loyalitas karyawan yaitu dengan Memperlakukan karyawan tidak sebagai buruh, tetapi sebagai rekan kerja.

  5. Kelima, cara meningkatkan loyalitas karyawan yaitu dengan cara Pimpinan berusaha menyelami pribadi karyawan secara kekeluargaan.


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan


Loyalitas karyawan terhadap pekerjaan akan tercipta apabila karyawan merasa tercukupi dalam memenuhi kebutuhan hidup dari hasil pekerjaannya, sehingga mereka betah bekerja dalam satu perusahaan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas kerja karyawan adalah adanya fasilitas-fasilitas kerja, tunjangan kesejahteraan, suasana kerja serta upah yang diterima dari perusahaan. Selanjutnya Steers dan Porter menyatakan bahwa timbulnya loyalitas karyawan dapat dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu:


  1. Karakteristik pribadi. Adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas karyawan yang meliputi usia, masa kerja, jenis kelamin, tingkat pendidikan, prestasi yang dimiliki, ras dan beberapa sifat kepribadian.

  2. Karakteristik pekerjaan. Adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas karyawan yang dapat berupa: tantangan kerja, job stress, kesempatan berinteraksi sosial, job enrichment, identifikasi tugas, umpan balik tugas dan kecocokan tugas.

  3. Karakteristik desain perusahaan. Adalah salah stu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas karyawan yang merupakan hal yang menyangkut pada internal perusahaan itu sendiri yang dapat dilihat dari desentralisasi, tingkat formalisasi, tingkat keikutsertaan dalam pengambilan keputusan, paling tidak telah menunjukkan berbagai tingkat asosiasi dengan tanggung jawab perusahaan, ketergantungan fungsional maupun fungsi kontrol perusahaan.

  4. Pengalaman yang diperoleh dalam pekerjaan. Adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas karyawan yang meliputi: sikap positif terhadap perusahaan, rasa percaya pada sikap positif terhadap perusahaan, rasa aman.


Peran Manajer Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Membangun Loyalitas Karyawan


Memiliki karyawan yang jujur dan loyal sangatlah penting karena sekarang ini mendapatkan karyawan yang jujur dan loyal sangatlah sulit dan bahkan hampir tidak ada. Oleh karena itu, manajer SDM harus mempertahankan karyawan dengan baik. Adapaun peran manajer SDM dalam membangun loyalitas karyawan, antara lain:


  1. Pertama, peran manajer SDM dalam membangun loyalitas karyawan adalah Memberikan pelatihan karyawan tentang keyakinan dalam kepemimpinan

  2. Kedua, peran manajer SDM dalam membangun loyalitas karyawan adalah Meningkatkan budaya perusahaan

  3. Ketga, peran manajer SDM dalam membangun loyalitas karyawan adalah Meningkatkan pendidikan dan pelatihan untuk karyawan

  4. Keempat, peran manajer SDM dalam membangun loyalitas karyawan adalah Terstruktur penyelesaian sengketa

  5. Kelima, peran manajer SDM dalam membangun loyalitas karyawan adalah Menjaga sikap netral dan peduli

  6. Keenam, peran manajer SDM dalam membangun loyalitas karyawan adalah Memberi karyawan reward


Dimensi dan Indikator Loyalitas Karyawan


Loyalitas karyawan memiliki beberapa dimensi dan indikator. Dimensi dan indikator loyalitas karyawan tersaebut antara lain:


  1. Kepatuhan
  2. Kepatuhan adalah dimensi loyalitas karyawan yang mrupakan kesanggupan seorang pegawai untuk mematuhi segala peraturan yang berlaku serta sanggup tidak melanggar larangangan yang telah ditentukan. Indikator dari dimensi loyalitas karyawan ini adalah : Mematuhi dan tidak melanggar segala peraturan organisasi yang berlaku.



  3. Tanggung Jawab
  4. Tanggung jawab adalah dimensi loyalitas karyawan yang merupakan kesanggupan seorang dalam menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan kepadanya dengan efisien,serta berani mengambil resiko untuk keputusan yang dibuat atau tindakan yang dilakukan. Indikator dari dimensi loyalitas karyawan ini adalah : Dapat menyelesaikan tugas dengan efisien, Selalu mengutamakan kepentingan organisasi, dan Bekerja secara konsisten.



  5. Pengabdian
  6. Pengabdian adalah dimensi loyalitas karyawan yang merupakan sumbangan pemikiran dan tenaga secara kontinyu.



  7. Kejujuran
  8. Kejujuran adalah dimensi loyalitas karyawan yang merupakan kesanggupan seorang karyawan dalam menjalankan pekerjaanya sesuai dengan aturan yang sudah ditentnkan. Indikator dari dimensi loyalitas karyawan ini adalah : Selalu melaksanakan tugas tanpa paksaan, Bekerja sesuai dengan jobdescription, dan Melaporkan hasil pekerjaan kepada atasan sesuai dengan prosedur.




Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Dimensi, Indikator, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Cara Meningkatkan, dan Peranan Manajemen SDM Dalam Membangun Loyalitas Karyawan.




Lihat juga


Semoga bermanfaat. .


LihatTutupKomentar

Terkini