Kriteria Keluarga Mandiri Sadar Gizi / Kadarzi

Kriteria Keluarga mandiri sadar gizi (Kadarzi).

1.   Biasa makan beraneka ragam makanan.
2.   Selalu memantau kesehatan dan pertumbuhan anggotakeluarganya (menimbang berat badan), khususnya balita danibu hamil.
3.   Biasa menggunakan garam beryodium
4.   Memberi dukungan kepada ibu melahirkan agar memberikanASI saja pada bayi sampai umur 4 bulan.
5.   Biasa makan pagi.

Keluarga dikatakan kadarzi, bila dapat melaksanakan seluruhperilaku tersebut. Jika salah satu perilaku belum dilaksanakan,maka keluarga tersebut belum kadarzi.Hal-hal yang perlu disampaikan agar keluarga biasa makanberaneka ragam makanan adalah:

1.   Pengertian aneka ragam makanan yaitu: Makan 2-3 kali sehariyang terdiri dari 4 macam kelompok bahan makanan. Dari tiapkelompok bahan makanan dan jenis yang dikonsumsi, makamakin banyak jenisnya makin baik. Adapun 4 kelompok bahanmakanan tersebut adalah:
a.   Makanan pokok, sebagai sumber zat tenaga: beras, jagung,ubi, singkong, mie, dan lain-lain.
b.   Lauk pauk, sebagai sumber zat pembangun: ikan, telur,ayam, daging, tempe, kacang-kacangan, tahu, dll.
c.   Sayuran dan buah-buahan, sebagai sumber zat pengatur:bayam, kangkung, wortel, buncis, kacang panjang, sawi,daun singkong, daun katuk, pepaya, pisang, jeruk,semangka, nanas dan lain-lain.
2.   Manfaat makan aneka ragam makanan, yaitu: Untukmelengkapi zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh agar dapatmelakukan pekerjaan sehari-hari dan terhindar dari penyakitkekurangan gizi.
3.   Akibat tidak makan aneka ragam makanan, yaitu: tubuh akanmenderita kekurangan zat gizi tertentu dan lebih mudahterserang penyakit, khususnya pada balita akan menyebabkanpertumbuhan dan kecerdasan terganggu.
4.   Tindakan yang perlu dilakukan bila keluarga belum makananeka ragam makanan, yaitu:
a.   Jelaskan tentang pentingnya makan aneka ragam makananpada kesehatan, pertumbuhan dan kecerdasan.
b.   Memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah denganmenanam tanaman, beternak ayam, bebek, ikan dan lain-lainagar dimakan oleh anggota keluarga dan hasil pekaranganjuga dapat dijual untuk menambah penghasilan keluarga.
c.   Mengupayakan bantuan dari sektor pertanian, untukmengusahakan penggunaan lahan pertanian secara gotongroyong bagi keluarga yang tidak mempunyai pekarangan.
d.   Anjurkan ibu untuk masak aneka ragam dengan menu yangdisukai oleh anggota keluarga. Nikmatilah aneka ragammakanan yang tersedia.

LihatTutupKomentar

Terkini