Mekanisme Pengaturan Kadar Air Tubuh

Pengaturan kadar air tubuh (osmoregulasi) melibatkan sel-selosmoreseptor dan baroreseptor yaitu sel-sel sensoris yang berperanmemonitor perubahan konsentrasi ion natrium atau volume air(tekanan osmotik) darah. Sel-sel baroreseptor tersebut terletakdidalam dinding sinus karotid dan berperan memberikan informasi ketempat spesifik di otak (hipotalamus).

Apabila tekanan osmose darahmeningkat akan memacu sekresi hormon vasopresin atau ADH(antidiuretic hormone) dari hipofisa posterior yang berperanmeningkatkan reabsorpsi air pada tubulus kolektivus ginjal,sebaliknya jika tekanan osmose darah menurun akan menekansekresi ADH sehingga banyak kencing. ADH bekerja merangsangsel tubulus kolektivus ginjal untuk meningkatkan reabsorpsi air.Vasopresin juga menyebabkan kontriksi otot polos pembuluh darahsehingga mengakibatkan tekanan darah meningkat untuk kembali kenormal.

Regulasi tekanan osmotic cairan tubuh (osmoregulasi) yaitupengaturan kadar air untuk terciptanya tekanan osmosis darah yangseimbang (isotonis). Mekanisme osmoregulasi terjadi jika tekananosmose darah meningkat, maka akan memacu sekresi ADH(antidiuretic hormone) yang berperan meningkatkan reabsorpsi airpada tubulus kontortus distal ginjal sehingga air banyak diserapkembali (reabsorpsi) dan tekanan kembali normal.Jika tubuh kekurangan air dan tidak segera diganti, maka akanmengakibatkan dehidrasi.

Hiperosmolalitas dan hipovolemiadideteksi oleh sel osmoreseptor dan baroreseptor yaitu sel sensorisyang berperan memonitor perubahan konsentrasi ion natrium atauvolume air (tekanan osmotik) dalam darah. Baroreseptor tersebutterletak dalam dinding sinus karotid berperan memberikan informasike tempat spesifik di otak. Pengolahan informasi tersebut dalamhipothalamus menghasilkan pembebasan hormon vasopresin darineuron kelenjar pituitaria posterior. ADH bekerja merangsang seltubulus kolektivi ginjal untuk meningkatkan reabsorpsi air.Vasopresin juga menyebabkan kontraksi otot polos pembuluh darahsehingga mengakibatkan tekanan darah meningkat untuk kembali kenormal.

LihatTutupKomentar

Terkini