Warga Baliagung Minta Diperbaiki Gorong-gorong Amblas


 
Gorong-gorong yang ambrol di Dusun Sidekarye, Desa Baliagung, Kecamatan Palas, Lampung Selatan ( Source : Lampost.co)
publiklampung.com(Lampung Selatan) – Masyarakat Desa Baliagung, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, meminta gorong-gorong di Dusun Sidekarye segera diperbaiki. Pasalnya gorong-gorong diruas penghubung Dusun Sidekarye-Dusun Tanjungtirto itu amblas.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Lampost.co, akibat amblas gorong-gorong tersebut akses transportasi penghubung dua dusun terhambat. Dimana, ruas jalan lingkungan itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.
Kepala Dusun Sidekarye Wayan Angker mengatakan gorong-gorong itu mengalami kerusakan sejak satu tahun terakhir. Dimana, gorong-gorong yang amblas tersebut hampir memakan separuh badan jalan hingga sulit dilintasi kendaraan roda empat
"Sudah semakin parah kerusakannya, mas. Saat ini separuh badan jalan sudah jebol, lantaran diguyur hujan selama dua bulan belakangan. Sebelumnya pernah ditutup, tapi menimbulkan banjir saat musim hujan kemarin," kata dia, Selasa, 21 Januari 2020.
Wayan mengatakan gorong-gorong itu memiliki panjang 7 m dengan kelebaran 80 cm. Sedangkan kerusakan akibat amblas mencapai 5 m. Ruas jalan tersebut merupakan akses utama penghubung Dusun Sidekarye – Tanjungtirto dan akses transportasi angkut usaha tani.
"Sudah setahun ini kami mengharapkan agar gorong-gorong itu segera diperbaiki. Harapan kami tahun ini bisa diperbaiki oleh pemerintah. Karena jalan ini satu-satunya jalan menuju Dusun Tanjungtirto," katanya.
Sementara itu Kepala Desa Baliagung Made Suwisnu Ngabdi mengatakan gorong-gorong yang amblas tersebut sempat ditimbun menggunakan tanah agar tetap bisa dilalui kedaraan roda empat. Namun, lima hari terakhir timbunan tersebut terpaksa dibongkar masyarakat lantaran menyebabkan banjir.
Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Penguji Konstruksi dan Bangunan Kecamatan Palas Selamet mengatakan pihaknya bersama Kepala Dinas PUPR Lamsel telah memantau langsung kerusakan gorong-gorong tersebut. Dia mengaku pihaknya akan mengusulkan perbaikan pada anggaran tanggap darurat.
"Minggu (19 Januari 2020) kemarin sudah kami pantau langsung bersama Kadis PUPR Lamsel, Pak Syahroni. Insyaallah kerusakan akan segera diperbaiki menggunakan dana tanggap darurat," kata dia.

Editor : Firman
LihatTutupKomentar

Terkini