Cara Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitalitas dari paru-paru dapat dipertinggi dengan olah raga. VolumeOksigen Maksimum (VO2 max). Orang-orang yang mempunyai dayatahan tinggi oleh sebab melakukan olahraga, ternyata paru-parumereka mempunyai kesanggupan untuk menampung 1 ½ lebihbanyak udara dari pada orang biasa. Pengukuran banyaknya udaraatau oksigen disebut VO2 max. V berarti volume, O2 berarti Oksigen,max berarti maksimum, dengan demikian VO2 max berarti volumeoksigen yang dapat digunakan tubuh pada saat bekerja sekerasmungkin.

Sebagai contoh, pada saat kita lari menaiki bukit, maka kitaakan menggunakan lebih banyak oksigen pada saat menaiki bukit kedua dibandingkan dengan bukit pertama. Demikian juga bukit ke tiga,kita akan menggunakan lebih banyak oksigen dari pada bukit ke dua.Tetapi pada satu titik tertentu, kita akan tiba pada tingkatan di manakonsumsi oksigen maksimum, maksimum kuasa aerobik, atau VO2max tadi. Faktor ini memberikan indikasi bagaimana kedayagunaantubuh menggunakan oksigen pada saat melakukan pekerjaan,misalnya sewaktu olagraga, otot harus menghasilkan energi, satuproses dimana oksigen memegang peranan penting.

Lebih banyakoksigen digunakan berarti lebih besar kapasitas untuk menghasilkanenergi dan kerj yang berarti daya tahan Anda lebih besar. Merekayang mempunyai VO2 max yang tinggi dapat melakukan lebih banyakpekerjaan sebelum menjadi lelah, dibandingkan dengan merekayang mempunyai VO2 max yang rendah. Lebih sehat dan lebih tinggikesegaran jasmani Anda, lebih banyak oksigen yang tubuh Andadapat proseskan. Sementara Anda berlatih, paru-paru Anda akandapat mengambil lebih banyak oksigen, yang berarti peredarandarah yang lebih baik, dan sel otot Anda bisa mendapatkan lebihbanyak oksigen dari pembuluh darah kapiler.

Dengan demikian,mereka yang mempunyai VO2 tinggi adalah orang yang mempunyaikesegaran jasmani, sedang yang mempunyai VO2 yang rendah, tidakmempunyai kesegaran jasmani. VO2 diukur dalam bentuk jumlahmilliliter oksigen yang dikonsumsikan per kg berat badan dalamsetiap menit. Sebagai contoh, mahasiswa rata-rata mempunyai VO2max antara 40-50, sedangkan mahasiswi antara 35-45. Untuk atletyang mempunyai daya tahan tinggi, rata-rata VO2-nya 75, dan atletwanita sekitar 65; yang berarti jumlah milliliter oksigen yangdikonsumsikan per kg berat badan per menit. Untuk pengukuran VO2max, diperlukan peralatan untuk mengukur di laboratorium.Umumnya dapat dilaksanakan tes kapasitas aerobik, misalnya “steptest” (tes melangkah), atau lari untuk 2,4 km. Seseorang setelah lari2,4 km sangat erat hubungannya dengan ukuran langsung dari VO2max seseorang.

Faktor penentu VO2 Max

Terdapat 5 faktoryang menentukan VO2 max seseorang, yaitu:

1.   Jenis Kelamin.Setelah masa pubertas, wanita dalam usianyayang sama dengan pria umumnya mempunyai konsumsi oksigenmaksimal yang lebih rendah dari pria.

2.   Usia. Setelah usia 20-an, VO2 max menurun dengan perlahanlahan.Dalam usia 55 tahun, VO2 lebih kurang 27% lebih rendahdari usia 25 tahun. Dengan sendirinya hal ini berbeda dari satudengan orang yang lain. Mereka yang mempunyai banyakkegiatan VO2 max akan menurun dengan lebih perlahan.

3.   Keturunan. Seseorang mungkin saja mempunyai potensi yanglebih besar dari orang lain untuk mengkonsumsi oksigen yanglebih tinggi, dan mempunyai suplai pembuluh darah kapiler yanglebih baik terhadap otot-otot, mempunnyai kapasitas paru-paruyang lebih besar, dapat mensuplai hemoglobin dan sel darahmerah yang lebih banyak dan jantung yang lebih kuat. Dilaporkanbahwa konsumsi oksigen maksimum untuk mereka yang kembaridentik sangat sama.

4.   Komposisi Tubuh.Walaupun VO2 max dinyatakan dalam berapamilliliter oksigen yang dikonsumsi per kg berat badan, perbedaankomposisi seseorang menyebabkan konsumsi yang berbeda.Misalnya tubuh mereka yang mempunyai lemak denganpersentasi yang tinggi, mempunyai VO2 max yang lebih rendah.Bila tubuh Anda berotot kuat, VO2 max Anda lebih tinggi. Sebabitu, jikalau Anda dapat mengurangi lemak dalam tubuh, VO2 maxdapat bertambah tanpa tambahan latihan.

5.   Latihan atau olahraga dapat memperbaiki VO2 max. Denganlatihan daya tahan yang sistematis akan memperbaiki VO2 maxdari 5% sampai 25%. Penelitian menunjukkan bahwa laki-lakiusia 65-74 tahun dapat meningkatkan VO2 maksimumnya sekitar18% setelah berolahraga dengan teratur dalam waktu 6 bulan.

LihatTutupKomentar

Terkini