Rangkuman Materi Pelajaran Saluran Pernafasan Manusia

1.   Saluran pernafasan tersusun atas: lubang hidung, rongga hidung,faring, laring, trakea, bronkus, dan bronkeolus.

2.   Paru-paru terdiri dari 2 bagian, kiri dan kanan, yang terletak di ronggadada. Paru-paru kanan tersusun atas 3 gelambir, sedangkan paru-parukiri 2 gelambir. Paru-paru tersusun atas berjuta-juta alveolusyang memiliki fungsi penting dalam pertukaran gas pernafasan.Alveoli tempat pertukaran oksigen yang terdapat dalam udarapernafasan dengan karbondioskida yang terdapat dalam darah.

3.   Semua makhluk hidup melakukan Pernafasan (respirasi) untukmemenuhi kebutuhan oksigen (O2) dan membuang gas hidrat-arang(CO2).

4.   Paru-paru, tersusun atas berjuta-juta alveolus yang memiliki fungsipenting dalam pertukaran gas pernafasan.

5.   Proses pertukaran udara pernafasan terjadi karena adanyapergerakan tulang-tulang rusuk dan otot difragma yangmengakibatkan rongga dada membesar, paru-paru mengembang,tekanan udara dalam kantung-kantung paru-paru turun menjadi lebihrendah daripada tekanan udara atmosfer sehingga udara mengalirmasuk ke paru-paru.

6.   Oksigen digunakan oleh tubuh untuk pembakaran (oksidasi) zat-zatmakanan terutama glukosa menjadi sumber tenaga, air, CO2, danpanas.

7.   Alat Pernafasan manusia dapat mengalami kelainan atau seranganpenyakit, seperti: asma, tuberculosis (TBC), infeksi saluranpernafasan atas (ISPA), difteri, dan pneumonia.

LihatTutupKomentar

Terkini