Proses / Mekanisme Penerimaan Rangsang Cahaya Oleh Mata

Sinar cahaya yang mengenai mata akan diteruskan melewati bagian-bagianmata dari depan ke belakang secara urut sebagai berikut:kornea, pupil, lensa, dan retina. Pada retina, rangsang cahayaditerima oleh reseptor cahaya. Reseptor cahaya dapat dibedakanmenjadi 2 macam yaitu sel batang dan sel konus.

Sel konusberfungsi untuk melihat pada keadaan terang sedangkan sel batanguntuk melihat pada keadaan gelap. Rangsang cahaya oleh reseptorkemudian diubah menjadi impuls syaraf yang kemudian dijalarkanmelalui saraf penglihatan (optikus) menuju ke otak untukditerjemahkan.

Apabila lensa mata dapat menfokuskan sinar cahaya yang masukmata tepat pada selaput jala (retina), maka disebut mata normal atauemetrop. Akan tetapi, jika mata tidak mampu memfokuskanbayangan tepat pada retina akan menimbulkan gangguanpenglihatan.

Mata bergerak pada saat membaca, perlu pembiasaan membacaagar kemampuan membaca cepat dan ingat. Dapat direkam denganalat perekam listrik sehingga dapat diketahui kecepatan membacaseseorang. Kemampuan membaca Anak Sekolah Dasar Indonesiabelum membanggakan, mari kita bangun dan bangkit untuk sejajardengan anak-anak di negara maju. Dengan membaca.

LihatTutupKomentar

Terkini