Struktur dan Fungsi Alat Indera Penglihatan (Mata)

Indera merupakan kumpulan organ-organ sensoris yang berperan menerima informasi (rangsangan) dari lingkungan luar dan dalamtubuh menuju ke sistem saraf pusat (SSP). Kemampuan menerimarangsang tersebut karena pada indera terdapat reseptor. Reseptorsebagai alat yang berfungsi mengubah rangsang fisik (raba, cahaya,suara) dan kimia (rasa, gas, pH) menjadi potensial membran (impuls).Secara struktural reseptor merupakan:

1. Penonjolan dendrit dengan ujung bebas atau berkapsul.
2. Sel-sel sensoris khusus, seperti puting pengecap, organ Corti, dsb.
3. Modifikasi neuron, pada mata dan hidung.

Bola mata terletak di dalam kantung mata. Bola mata dapat bergerakkarena digerakkan oleh beberapa otot mata sehinga bola mata dapatbergerak ke kanan, kiri, atas, bawah, dan melingkar. Bola mata dilindungi oleh penutup yang dapat membuka dan menutup disebutkelopak mata.Bola mata terdiri dari bagian-bagian penting dan memiliki fungsimasing-masing sebagai berikut:

1.   Kornea disebut juga selaput bening merupakan bagian yangterletak paling depan. Korne berfungsi untuk pembiasan sinarcahaya.
2.   Iris disebut juga selaput pelangi merupakan bagian mata yangdapat mengkerut. Iris berfungsi untuk mengatur cahaya yangmasuk ke mata. Iris akan mengkerut sehingga pupil membesarpada keadaan kurang cahaya sehingga cahaya yang masuk lebihbanyak. Sebaliknya iris akan mengendor sehingga pupil mengecilpada keadaan terang akibatnya cahaya yang mmasuk agakberkurang. Iris sesorang dapat berwarna biru, hitam, atau coklat,hal ini berkait dengan keturunan.
3.   Pupil merupakan lubang yang terbentuk atau dikelilingi oleh iris.Jika iris mengkerut akaan menyebabkan pupil membesar, dansebaliknya. Pupil berfungsi untuk lewat masuk sinar cahaya kedalam mata.
4.   Lensa merupakan bagian mata yang dapat menggembung ataumenipis. Lensa berfungsi untuk menyatukan (memfokuskan) arahsinar cahaya. Lensa mata berbentuk cembung. Kecembunganlensa mata dapat diatur oleh otot lensa. Jika melihat benda jauhlensa mata akan menipis, dan sebaliknya lensa mata akanmenebal. Menebal dan menipisnya lensa disebut akomodasi.
5.   Retina disebut juga selaput jala merupakan lapisan sebelahdalam mata yang banyak mengandung reseptor penglihatan.Retina berfungsi untuk menerima rangsang cahaya.
6.   Bintik buta merupakan bagian mata yang tidak memiliki sel-selpenerima rangsang cahya yaitu sel batang dan sel konus.
7.   Saraf penglihatan untuk menjalarkan rangsangan dari inderapendengaran ke otak.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, mata dapat berperansebagai indera penglihatan karena mata tersusun atas bagianbagianyang dapat meneruskan dan dapat menerima rangsang sinarcahaya. Penerima rangsang berperan mengubah rangsang fisik yaitusinar cahaya menjadi aliran listrik pada serabut syaraf kemudianditeruskan ke otak untuk dipahami.

LihatTutupKomentar

Terkini