Proses Pengangkutan Gas Karbondioksida

Proses pengangkutan gas karbondioksida dari jaringan ke paru-paru melalui 3 cara yaitu:

1.   Transpor karbondioksida lewat plasma sebagai H2CO3. CO2memiliki sifat lebih mudah larut dalam air dibanding dengan O2sehingga dapat diangkut lewat plasma sebagai H2CO3. Darahvenosa mengandung CO2 sekitar 50 mL/dL artinya setiap 100mL darah mengangkut 50 mL CO2-dari jaringan ke pulmo.Karbondioksida di dalam darah berada pada berbagai kondisi.Bikarbonat di dalam eritrosit dan plasma merupakan bagianterbanyak. Karbondioksida berdifusi dari jaringan ke dalamplasma darah akan bereaksi dengan H2O membentuk H2CO3.H2CO3 berfungsi menurunkan pH dalam eritrosit.

2.   Sebagai karbaminohemoglobin. Pada jaringan tekanan CO2tinggi dan tekanan O2 rendah sehingga HbO2 mengalamidisosiasi menjadi Hb + O2. Oksigen berdifusi ke cairaninterstitial dan CO2– memasuki sitoplasma eritrosit.Sebagiankecil CO2 berikatan dengan Hb membentuk karbaminohemoglobin (karbamiHb).

3.   Sebagai HCO3-. CO2 akan bereaksi dengan H2O yang terdapatdalam plasma darah dengan pengaruh enzim karbonikanhidrase membentuk H2CO3 yang secara spontan akanmengalami disosiasi menjadi ion H+ (proton) dan HCO3–.Dengan demikian, darah venosa mengandung HCO3– 60%,karbaminoHb 32%, dan sisanya sebagai H2CO3 dalam ertrosit.

LihatTutupKomentar

Terkini