Rangkuman Materi Pelajaran tentang Indera Pada Manusia

1.   Indera adalah alat-alat tubuh yang berfungsi menerima rangsang,karena pada alat indera terdapat penerima rangsang (reseptor).

2.   Mata sebagai indera penglihatan karena mata tersusun atas bagian-bagianyang dapat meneruskan dan dapat menerima rangsang sinarcahaya.

3.   Reseptor cahaya dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu sel batangdan sel konus.

4.   Mata normal atau emetrop apabila lensa mata dapat menfokuskansinar cahaya yang masuk mata tepat pada selaput jala (retina).

5.   Telinga sebagai indera pendengaran karena telinga tersusun atasbagian-bagian yang dapat meneruskan dan dapat menerimarangsang gelombang bunyi (suara).

6.   Telinga terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu: telinga luar, tengah, dandalam.

7.   Indera keseimbangan berbentuk tiga buah saluran setengah lingkarandan 2 buah kantung kecil disebut sakula dan utrikula yang terdapat ditelinga dalam.

8.   Hidung sebagai indera pembau karena pada selaput lendir ronggahidung sebelah atas terdapat penerima rangsang bau-bauan yangberupa biasanya uap atau gas.

9.   Lidah sebagai indera pengecap karena pada permukaan lidah bagianatas terdapat banyak memiliki tonjolan-tonjolan kecil yang disebutputing pegecap (papilla) yang pada bagian sampingnya terdapatindera pengecap.

10.Kulit sebagai indera peraba karena pada lapisan kulit sebelah dalamterdapat indera peraba yang dapat menerima rangsang tekanan,panas, nyeri, sentuhan, dingin.

LihatTutupKomentar

Terkini