Apa Itu Kelenjar Endokrin dan Sistem Endokrin

Sistem endokrin terdiri atas berbagai jenis kelenjar endokrin atau disebut juga kelenjar buntu (ductless gland).

Beberapa contoh kelenjarendokrin antara lain, hipotalamus, hipofise, tiroid, paratiroid, pankreas,mukosa usus halus,adrenal, ginjal, dan gonade. Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang berfungsi mensintesis substansi kimia yanglangsung disekresikan ke dalam sirkulasi darah yang akanmempengaruhi kinerja organ target yang disebut hormon.

Tahun 1902, Bayliss dan Starling pertama kali menemukan substansiyang berasal dari cairan mukosa usus yang apabila disuntikkan secaraintravena akan menyebabkan sekresi getah pankreas meningkat.Substansi tersebut kemudian dikenal sebagai hormon secretin.

Huxley(1935) menyatakan bahwa peran hormon adalah sebagai molekulpembawa informasi. Berdasarkan cara kerjanya dapat dibedakanmenjadi hemokrin, parakrin, dan autokrin. Hemokrin jika hormondisekresikan ke sirkulasi darah kemudian mempengaruhi sel target ditempat lain. Parakrin jika hormon diskeresikan kemudianmempengaruhi sel tetangga di dekatnya. Autokrin jika hormondisekresikan kemudian mempengaruhi sel itu sendiri.

Neuroendokrin(neurohormon) adalah hormon yang dihasilkan oleh sel syaraf sepertiasetilkolin, norepinefrin (NE), serotonin yang disekresikan ke dalamsirkulasi kemudian mempengaruhi organ lainnya. Neurotransmitteradalah neurohormon yang bekerja pada sinapsis (antar sel).

LihatTutupKomentar

Terkini