Cara Menjaga Kesehatan Indera

1.   Menjaga kesehatan mata: pada saat membaca gunakanpenerangan yang memadai, makan makanan yang mengandungvitamin A, jarak baca jangan terlalu dekat buku atau dengantiduran melihat TV, jangan terlalu dekat yang dianjurkan danaman 5 meter. Jika depan komputer sebaiknya menggunakankaca pelindung atau mengendarai speda motor menggunakankaca helm.

2.   Menjaga kesehatan telinga: jangan mendengarkan musik yangmelebihi ambang batas karena dapat merusak inderapendengaran, jangan bermain petasan, jangan memukul bagiantelinga dan berteriak di dekat telinga, bersihkan telinga secararutin untuk menghilangkan kotoran oleh orang tuamu janganmenggunakan benda keras ke dalam lubang telinga karenadapat berbahaya. Telinga menghasilkan kotoran sendiri darikelenjar minyak di kulit.

3.   Pakailah helm, untuk melindungi kepala karena kepalamerupakan bagian tubuh yang paling banyak terdapat alat inderayang peka dan mudah rusak jika terbentur.

4.   Berolahraga secara teratur karena dapat menambah tenagalistrik pada otak dan syaraf. Hal ini akan memberikankeseimbangan yang lebih baik antara susunan saraf sadar dantak sadar, dan dapat mempertajam kepekaan indera.

LihatTutupKomentar

Terkini