Sistem dan Alat Reproduksi Bagi Laki-laki/Pria dan Perempuan/Wanita Lengkap

Sistem reproduksi merupakan sekumpulan organ-organ tubuh yang berperan sebagai penghasil sel kelamin dan meneruskan keturunan.Berdasarkan jenisnya, maka sistem reproduksi dapat dibedakansecara jelas menjadi sistem reproduksi laki-laki dan perempuan.

Sistem Reproduksi Laki-laki

Sistem reproduksi laki-laki terdiri atas:

• Testis
• Saluran reproduksi (epididimis, duktus seminalis, duktusejakulatorius, dan uretra)
• Kelenjar tambahan (vesikula seminalis, prostat, bulbouretralis)dan alat kelamin luar yaitu penis.

1. Buah zakar atau testis

Buah zakar atau testis. Jumlahnya dua berbentuk bulat lonjong danmenggantung pada pangkal penis. Testis inilah yang menghasilkansel kelamin pria (sperma). Saluran zakar atau uretra. Berfungsiuntuk mengeluarkan air mani dan air seni. Kantong pelir atauskrotum, yaitu lapisan kulit yang agak berkerut membentuk kantongyang menggelantung di belakang penis. Skrotum gunanya untukmengontrol suhu dari testis, yaitu 6 derajat celcius lebih rendah darisuhu bagian tubuh lainnya agar testis dapat berfungsimenghasilkan sperma.

2. Epididimis

Epidimis yaitu tempat pematangan sperma sesudah dibentukdalam testis. Saluran sperma atau vas deferens. Saluran spermadari testis menuju seminal vasicle.
1. Vesikula seminalis
Vesikula seminalis berfungsi untuk memproduksi semacam gula.Ini berguna sebagai sumber kekuatan sperma agar dapat bertahanhidup dan berenang mencari sel telur di dalam alat reproduksiperempuan. Pada saat ejakulasi vesikula seminalis mengalirkangula tersebut ke vas deferens.
4. Kelenjar prostat
Kelenjar prostat berfungsi menghasilkan cairan yang berisi zatmakanan untuk menghidupi sperma.
5. Penis
Berbentuk buat memanjang dan memiliki ujung berbentuk sepertihelm disebut Glans. Ujung penis ini dipenuhi serabut syaraf yangpeka. Penis tidak memiliki tulang, hanya daging yang dipenuhidengan pembuluh darah. Penis dapat menegang yang disebutereksi. Ereksi terjadi karena rangsangan yang membuat darahdalam jumlah besar mengalir dan memenuhi pembuluh darah yangada di dalam penis, dan membuat penis menjadi besar, tegang dankeras.

Sistem Reproduksi Wanita (Perempuan)

Sistem reproduksi wanita terdiri atas ovarium, saluran kelamin(tuba uterina, uterus, dan vagina), dan alat kelamin luar. Fungsisistem reproduksi wanita adalah untuk menghasilkan sel kelamin(gamet) betina, menyediakan lingkungan yang cocok untukpembuahan (fertilisasi) dan pertumbuhan janin, dan pengeluaranjanin.

Alat reproduksi wanita bagian luar

Alat reproduksi wanita bagian luar terdiri atas:

1.   Bibir luar (labia majora)
2.   Bibir dalam (labia minora)
3.   Kelentit (clitoris) yang sangat peka karena banyak ujungakhiran saraf. Kelentit merupakan bagian yang paling sensitifdalam menerima rangsangan seksual.
4.   Lubang kemaluan (vagina) terletak antara lubang kencing dandubur (anus)
5.   Rambut kemaluan yang tumbuhnya saat perempuanmemasuki usia pubertas

Alat reproduksi wanita bagian dalam

Alat reproduksi wanita bagian dalam dari luar ke dalam terdiriatas:

1. Vagina

Liang kemaluan (liang vagina) bersifat elastis dan dapatmembesar serta memanjang sesuai kebutuhan. Liang kemaluanberfungsi sebagai organ untuk berhubungan seks, jalan keluarnyabayi saat melahirkan atau saluran keluarnya darah saat haid.

2. Leher rahim

Leher rahim (cervix uteri), saat berhubungan seks, sperma yangdikeluarkan penis laki-laki di dalam vagina akan masuk ke dalammulut rahim hingga bertemu sel telur perempuan.

3. Rahim

Rahim (uterus) adalah tempat tumbuhnya janin hingga dilahirkan.Rahim dapat membesar dan mengecil sesuai kebutuhan (hamildan setelah melahirkan).

4. Saluran telur

Dua buah saluran telur (tuba Fallopi) yang terletak disebelahkanan dan kiri rahim. Sel telur yang sudah matang atau yangsudah dibuahi akan disalurkan ke dalam rahim melalu saluran ini.

5. Indung telur

Indung telur (ovarium) merupakan gonade wanita yang tersusunatas calon sel telur (oogonia) dan jaringan ikat. Jumlah calon seltelur sekitar 6-7 juta pada saat fetus, kemudian berkurang menjadisekitar 2 juta pada saat lahir, dan menjadi sekitar 300.000 saatpubertas. Dua buah indung telur (ovarium) kanan dan kiri. Ketikaseorang perempuan lahir, ia sudah memiliki ovarium yangmempunyai sekitar setengah juta ova (cikal bakal telur). Tiap ovapunya kemungkinan untuk bekembang menjadi telur matang. Darisekian banyak ova, hanya sekitar 400 saja yang berhasilberkembang menjadi telur semasa usia produktif perempuan.Oogenesis telah komplit semenjak bayi lahir dan selanjutnya akanberkembang menjadi folikel setelah memasuki masa pubertas.

Folikel adalah unit fungsional ovarium yang tersusun atas lapisanluar sel teka dan lapisan dalam sel granulosa, yang dipisahkanoleh membrana basalis.

Pada folikel ovarium yaitu pada selgranulosa terdapat banyak reseptor FSH, sedangkan pada selteka interna banyak terdapat reseptor LH.

Ovarium sebagaikelenjar endokrin menghasilkan hormon yang bersifat hemokrin,parakrin, ataupun autokrin antara lain: estrogen dan progesteron.Folikel matang atau disebut folikel preovulatoris (praovulatoryfollicle) berbentuk seperti telur, di bagian tengahnya terdapatantrum yang berisi cairan follikel dan sel telur terletak pada bagiantengahnya dengan diselubungi oleh lapisan sel granulosa yangdisebut zona pelucida.

Selanjutnya folikel preovulatoris meningkat vaskularisasinya mendekati ovulasi dan secara simultan folikelyang tidak terseleksi untuk ovulasi mengalami atresia.

LihatTutupKomentar

Terkini