Cara Menjaga Kesehatan Anak-anak Di Sekolah Dengan Makanan dan Minuman Sehat

Untuk mengurangi paparan anak sekolah terhadap makanan jajanan yang tidak sehat dan tidak aman, perlu dilakukan usahapromosi keamanan pangan baik kepada pihak sekolah, guru,orang tua, murid, serta pedagang.

Sekolah dan pemerintah perlu menggiatkan kembali Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Materikomunikasi tentang keamanan pangan yang sudah pernahdilakukan oleh Badan POM dan Departemen Kesehatan dapatditingkatkan penggunaannya sebagai alat bantu penyuluhankeamanan pangan di sekolah-sekolah.

Perlu diupayakanpemberian makanan ringan atau makan siang yang dilakukan dilingkungan sekolah. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar anaktidak sembarang jajan. Koordinasi oleh pihak sekolah, persatuanorang tua murid dibawah konsultasi dokter sekolah atau PusatKesehatan Masyarakat setempat untuk dapat menyajikanmakanan ringan pada waktu keluar istirahat yang bisa diatur porsidan nilai gizinya. Upaya ini tentunya akan lebih murah dibandinganak jajan di luar sekolah yang tidak ada jaminan gizi dankebersihannya.

Dengan menyelenggarakan kegiatan makanan tambahan tersebut, diharapkan mendapat keuntungan, misalnya:anak sudah ada jaminan makanan disekolah, sehingga orang tuatidak khawatir dengan makanan yang dimakan anaknyadisekolah. Ibu yang selalu khawatir biasa memberi bekalmakanan pada anaknya. Kalau makanan yang baik dan bergizi tersedia disekolah, akan meringankan tugas ibu.

Dalam kegiatanini bisa pula dikenalkan berbagai jenis bahan makanan yangmungkin tidak disukai anak ketika disajikan dirumah, tetapi akan menerima ketika disajikan disekolah. Dengan demikan anak dapat mengenal aneka bahan pangan.

LihatTutupKomentar

Terkini