Ansor Banser Desa Bae Resik-Resik Kali


Musim penghujan mulai datang di wilayah Kabupaten Kudus. Salah satu hal yang paling diwaspadai oleh warga adalah banjir. Masalah banjir selalu menghantui setiap kali datang musim hujan, terutama di temapat-tempat yang dekat dengan kawasan sungai. Tak terkecuali Desa Bae yang juga dilewati oleh dua sungai yakni Kali Gelis dan anak Kali Gelis yang kerap disebut warga sebagai Kali Serep.

Oleh karena itu, GP Ansor Desa Bae bersama Barisan Ansor Serbagunanya melakukan kerja bakti membersihkan sungai-sungai yang melintasi desa Bae. Target yang dicanangkan adalah bersih-bersih Kali Serep sebagai anak sungai dari Kali Gelis yang setiap musim hujan selalu mengalirkan air dengan deras ke induknya yaitu Kali Gelis.

Pengurus Ranting GP Ansor Desa Bae pun mengambil titik pembersihan yakni Saluran Air di Jalan Masuk Dukuh Bendo dan Kali Serep yang melintas di bawah parkiran Masjid Jami Nurul Mubin Gilang di dukuh Pondok. Keduanya tak luput dari perhatian para pemuda yang tergabung dalam badan otonom NU tersebut karena setiap tahun selalu tersumbat oleh sampah-sampah yang terbawa arus.


Kerja bakti dilakukan pada hari Ahad 6 Desember 2020 muali pukul 06.00 WIB. Mereka berkumpul dan membagi kelompok ke dua titik kumpul tersebut.Para anggota Ansor dan Banser Desa Bae pun berhasil mengangkut sampah-sampah yang didominasi kayu-kayu dan ranting pohon yang tersangkut baik di Kali Serep maupun Saluran Air Dukuh Bendo. Sampah-sampah kayu tersebut kemudian diangkut menggunakan mobil bak terbuka.

Inisiatif GP Ansor dan Banser Desa Bae ini pun ditanggapi oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kudus, Dasa Susila. Beliau mengucapkan terima kasih atas kekompakan para anggota Ansor Banser Desa Bae yang menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar.

“Aksinya keren, berkah untuk semua. Tetap kompak dan jaga kesehatan”, ungkapnya.


Sumber berita dan Foto: Ansori (Ansor Ranting Bae)

LihatTutupKomentar

Terkini