Struktur dan Fungsi Alat Indera Pendengaran (Telinga)

Telinga dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) bagian yaitu:

1.   Telinga luar, merupakan saluran dari lubang luar menuju kegendang telinga (membrana timpani).

2.   Telinga tengah, merupakan ruangan yang dibatasi oleh gendangtelinga dan selaput dari saluran telinga dalam(rumah siput).Pada telinga tengah terdapat 3 (tiga) buah tulang pendengaran.Tulang pendengaran terdiri dari tulang martil (berbentuk sepertimartil), landasan (berbentuk seperti landasan), dan sanggurdi(berbentuk seperti pancatan kaki pelana penunggang kuda).Telinga tengah dihubungkan ke rongga faring oleh sebuahsaluran yang disebut saluran Eustachius (nama penemunya).Dengan demikian, secara normal tekanan udara di ruang telingatengah sama dengan tekanan udara atmosfer. Lubang tersebutpada keadaan normal selalu tertutup, dan membuka pada saatmenguap, menelan, atau “ngolet”.

3.   Telinga dalam(labirin) terdiri atas serangkaian saluran dankantung yang berisi cairan yang terletak di dalam rongga-ronggatulang tengkorak yang disebut rumah siput dan saluran setengahlingkaran. Di dalam rumah siput terdapat pelebaran yang didalamnya terdapat reseptor pendengaran dan di dalam saluransetengah lingkaran terdapat reseptor keseimbangan.

Suara atau bunyi dari sumbernya diterima oleh daun telinga,diteruskan lewat lubang telinga dan selanjutnya menggetarkangendang telinga. Getaran pada gendang telinga menggetarkantulang pendengaran dan getaran akan diperkeras sampai beberapakali. 

Selanjutnya getaran tulang akan menggetarkan cairan yangterdapat pada rumah siput dan akhirnya diterima oleh reseptor inderapendengaran. Reseptor menerima rangsang suara diteruskan kesyaraf pendengaran menuju ke otak untuk diterjemahkan. Selainlewat udara getaran suara juga dapat dijalarkan lewat tulangtengkorak menggetarkan gendang telinga.


LihatTutupKomentar

Terkini