Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian dan Dimensi Kualitas Produk.
Daftar isi
. Pengertian Produk
Definisi atau pengertian Produk adalah suatu yang nyata berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan baik yang berbentuk fisik, jasa, tempat, maupun ide-ide. Selain pengertian produk tersebut, ada beberapa definisi lain dari produk, antara lain:
Definisi atau pengertian Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan.
Menurut Lupiyoadi, definisi atau pengertian produk adalah keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai manfaat kepada konsumen.
Definisi atau pengertian Produk adalah semua yang dapat diturunkan kepada perusahaan, diperhatikan, dimiliki, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginanatau kebutuhan pemakainya.
Dari definisi produk di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian produk adalah segala sesuatu berbentuk penawaran dari seseorang atau perusahaan yang mempunyai manfaat baik berupa benda nyata maupun benda abstrak yang tidak berwujud yang tujuannya untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Pengertian Kualitas
Definisi atau pengertian Kualitas adalah keseluruhan ciri serta sifat suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau yang tersirat. Sedangkan menurut Goets, defisi atau pengertian kualitas adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.
Pengertian Kualitas Produk
Definisi atau pengertian Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya, meliputi daya tahan, keandalan, ketepatan, kemudahan operasi dan perbaikan, serta atribut bernilai lainnya.
Dimensi Kualitas Produk
Di dalam kualitas produk terdapat delapan dimensi utama yang biasa digunakan, antara lain:
Kinerja (performance). Adalah dimensi kualitas produk yang merupakan karakteristik operasi dasar dari sutu produk. Contohnya: ketajaman gambar dalam acara TV, kecepatan pengiriman paket titipan kilat, serta kebersihan makanan di restoran.
Fitur (features). Adalah dimensi kualitas produk yang merupakan karakteristik pelengkap khusus yang dapat menambah pengalaman pemakaian produk. Contonya: AC, mobil, dan minuman gratis selama penerbangan pesawat.
Kehandalan (reliability). Adalah dimensi kualitas produk yang merupakan probabilitas terjadinya kegagalan atau kerusakan produk dalam waktu tertentu. Semakin kecil kemungkinan terjadinya kerusakan, semakin handal produk bersangkutan.
Kesesuaian (conformance). Adalah dimensi kualitas produk yang merupakan tingkat kesesuaian produk dengan standar yang telah ditetapkan, misalnya: kesesuaian ukuran sepatu dengan standar yang berlaku dan ketetapan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api.
Daya Tahan (durability). Adalah dimensi kualitas produk yang merupakan jumlah pemakaian produk sebelum produk bersangkutan harus diganti. Semakin besar frekuensi pemakaian normal yang dimungkinkan, semakin besar pula daya tahan produk. Salah satu contohnya adalah produk baterai yang kerap kali menekankan aspek daya tahan sebagai positioning kunci.
Service Ability. Adalah dimensi kualitas produk yang merupakan kecepatan dan kemudahan untuk direparasi serta kompetensi dan keramahtamahan layanan staf.
Estetika (aesthetics). Adalah dimensi kualitas produk yang menyangkut penampilan produk yang dapat dinilai dengan panca indera (rasa, aroma, suara, dll).
Persepsi terhadap kualitas (perceived quality). Adalah dimensi kualitas produk yang merupakan kualitas yang dinilai berdasrkan reputasi penjual. Contohya kemeja polo, mobil BMW, peralatan elektronik Sony dan arloji Rolex.
Demikianlah penjelasan tentang Pengertian dan Dimensi Kualitas Produk.
Lihat juga:
- Keputusan Pembelian | Pengertian, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Tahap-Tahap, Indikator, Dan Peran Konsumen
- Produk | Pengertian, Level, Dan Klasifikasi
- Pemasaran | Pengertian, Manajemen, Dan Bauran
Semoga bermanfaat. .