Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian, Karakteristik, Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen.
Daftar isi
- Pengertian Loyalitas Konsumen
- Karakteristik Loyalitas Konsumen
- Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen
Suatu perusahaan yang ingin mendapatkan loyalias atau kesetiaan dari konsumen perlu strategi pemasaran yang tepat dan kompleks. Konsumen cenderung akan menjadi loyal pada merek-merek yang berkualitas dan menawarkannya dengan harga yang wajar. Selain itu, penjual juga beranggapan bahwa konsumen akan menjadi loyal pada suatu produk jika produk tersebut mudah didapatkan saat dibutuhkan. Dan yang tidak kalah penting, loyalitas konsumen akan dapat terbentuk melalui promosi yang ditawarkan perusahaan dengan mengomunikasikan berbagai keunggulan produk.
Pengertian Loyalitas Konsumen
Definisi atau pengertian Loyalitas konsumen adalah suatu komitmen yang mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau jasa secara konsisten di masa yang akan datang, sehingga dapat menyebabkan pengulanggan pembelian merek yang sama walaupun ada pengaruh situasi dan berbagai usaha pemasaran yang berpotensi untuk menyebabkan tindakan perpindahan merek.
Sedangkan, konsumen loyal adalah pelanggan yang sangat puas dengan produk atau jasa tertentu yang mereka dapatkan sehingga mempunyai antusiasme untuk memperkenalkan kepada siapa pun yang mereka kenal. Berikutnya pada tahap selanjutnya, konsumen yang loyal tersebut akan memperluas kesetiaan mereka kepada produk atau jasa lain dari produsen yang sama.
Karakteristik Loyalitas Konsumen
Konsumen yang loyal merupakan aset penting bagi perusahaan, hal ini dapat dilihat dari karakteristik yang dimilikinya. Konsumen yang loyal memiliki beberapa karakteristik, di antaranya:
- Melakukan pembelian secara teratur
- Membeli di luar lini produk atau jasa
- Merekomendasikan produk ke orang lain
- Menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing
Karakterlstik loyalitas konsumen ini lebih mengacu pada wujud perilaku dari unit-unit pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian secara terus menerus terhadap barang atau jasa suatu perusahaan yang dipilih. Tingkat kepuasan terhadap suatu perusahaan akan mempengaruhi mereka untuk membeli kembali.
Karakteristik loyalitas konsumen ini artinya keinginan untuk membeli produk dan jasa lainnya yang telah ditawarkan oleh perusahaan. Pelanggan yang sudah percaya pada perusahaan dalam suatu urusan, maka mereka akan percaya juga untuk urusan lain.
Karakteristik loyalitas konsumen ini menunjukkan bahwa Pelanggan yang loyal dengan sukarela merekomendasikan produk dari suatu perusahaan kepada teman, keluarga dan yang lainnya.
Karakteristik loyalitas konsumen ini menunjukkan bahwa pelanggan tidak mudah terpengaruh oleh tarikan persaingan perusahaan sejenis lainnya.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen
Seseorang dapat dikatakan sebagai pelanggan apabila orang tersebut mulai membiasakan diri untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Kebiasaan tersebut dapat dibangun melalui pembelian berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Apabila dalam jangka waktu tertentu tidak melakukan pembelian ulang, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai seorang pelanggan tetapi hanya sebagai seorang pembeli. Seseorang konsumen dikatakan setia atau loyal apabila konsumen tersebut melakukan perilaku pembelian secara teratur atau terdapat suatu kondisi dimana mewajibkan perilaku membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu.
Ada 5 faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap produk yang digunakannya, di antaranya:
- Nilai merek
- Karakteristik konsumen
- Switching barrier
- Customer satisfaction (Kepuasan pelanggan)
- Lingkungan yang kompetitif
Faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ini merupakan nilai dari suatu produk yang ditawarkan ke pasar. Apabila merek suatu produk telah dikenal, maka produk tersebut telah memiliki nilai merek. Sehingga konsumen dapat menjadikan merek dari produk tersebut sebagai pilihan utama pada saat ingin membeli suatu produk karena produk tersebut sudah memiliki nilai.
Faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ini merupakan suatu karakteristik yang dimiliki konsumen dengan berbagai macam tipe seperti: konsumen yang setia untuk menggunakan suatu produk, atau konsumen yang sudah bosan dengan suatu produk dan mudah berpindah ke merek produk lain.
Faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ini merupakan hambatan yang akan dihadapi oleh konsumen yang ingin pindah dari satu produk ke produk lainnya. Hal tersebut bisa dikarenakan pengalaman konsumen yang langsung mengunakan produk tersebut, seperti penggunaan produk yang sangat baik sehingga konsumen enggan untuk memakai produk lainnya.
Faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ini merupakan tanggapan dari pelanggan yang merupakan evaluasi purna beli yang dilakukan oleh konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang telah didapatkanya (kinerja produk) yang dibandingkan dengan harapan yang diharapkan oleh konsumen.
Faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen ini merupakan lingkungan atau situasi yang dihadapi produsen dimana produsen bersaing dengan ketat dan sehat untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen.
Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Karakteristik, Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen.
Lihat juga:
- Merek | Pengertian, Syarat-Syarat Membuat, Tingkatan Pengertian, Dan Strategi Pengembangan
- Citra Merek | Pengertian, Aspek-Asgek, Dan Faktor-Faktor Pembentuk
- Kualitas Pelayanan | Pengertian Dan Aspek-Aspek
Semoga bermanfaat. .