Pemasaran - Pengertian, Manajemen, dan Bauran


Pemasaran | Pengertian, Manajemen, dan Bauran



Hai, Sahabat. . Hari ini, saya akan membahas tentang Pengertian dan Bauran Pemasaran serta Definisi Manajemen Pemasaran.




Daftar isi
  1. Pengertian Pemasaran
  2. Pengertian Manajemen Pemasaran
  3. Bauran Pemasaran


Pengertian Pemasaran


Menurut American Marketing Association (AMA), definisi atau pengertian pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang, dan jasa untuik menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi. Sedangkan, definisi atau pengertian Pemasaran menurut Philip kotler adalah proses sosial yang dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain.



Selain definisi pemasaran di atas, ada beberapa pengertiadm lain dari pemasaran, antara lain:


  1. Definisi atau pengertian Pemasaran adalah suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain untuk mengembangkan hubungan pertukaran.

  2. Definisi atau pengertian Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya.


Dari uraian definisi tentang pemasaran di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian pemasaran itu mencakup usaha-usaha pemasaran yang di mulai dari mengidentifikasi kebutuhan konsumen, menentukan produk yang tepat untuk di produksi, mengkoordinasikan dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya (fungsi keuangan, produksi, sumberdaya manusia, serta penelitian dan pengembangan), mengembangkan penawaran melalui promosi dan distribusi. Semua ini diperlukan perusahaan agar tercapainya kepuasan konsumen yang merupakan salah satu tercapainya laba yang menjadi tujuan perusahan.



Pada intinya konsep pemasaran merupakan perwujudan dari keinginan, kebutuhan dan permintaan manusia yang dijabarkan dalam bentuk produk dengan tujuan memuaskan keinginan manusia sehingga marketing atau pemasaran dapat terjadi apabila seseorang memutuskan untuk mempertukarkan suatu barang demi memuaskan keinginan dan kebutuhannya.



Pengertian Manajemen Pemasaran


Definisi atau pengertian Manajemen pemasaran (marketing management) adalah kegiatan analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan menurut Assauri, definisi atau pengertian manajemen pemasaran adalah kegiatan penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan,dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun, dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang.



Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan keinginan manusia serta terbatasnya sumber daya yang tersedia, maka pemasar dituntut untuk mengelola segala sesuatunya dengan efektif dan se-efisien mungkin. Agar semuanya itu berjalan sesuai dengan rencana, maka kita memerlukan suatu pengaturan pemasaran atau yang biasa kita sebut sebagai Manajemen Pemasaran.



Bauran Pemasaran


Dari semua uraian tentang pemasaran di atas, kita melihat bahwa ada beberapa aspek yang menjadi inti dari definisi tersebut. Salah satunya menyebutkan tentang konsep perencanaan di bidang harga, promosi, distribusi yang biasa tercakup di dalam Marketing Mix.



Pengertian Bauran Pemasaran


Definisi atau pengertian Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel pemasaran yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu: produk, struktur, harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.



Variabel Bauran Pdmasaran


Bauran pemasaran terdiri dari empat variabel, yaitu : produk, harga, promosi dan tempat atau distribusi.


  1. Produk
  2. Produk adalah variabel bauran pemasaran yang merupakan suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhannya.



  3. Harga
  4. Harga adalah variabel bauran pemasaran yang merupakan sejumlah uang (ditambah beberapa barang atau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.



  5. Promosi
  6. Promosi adalah variabel bauran pemasaran yang merupakan kegiatan yang menyangkut masalah komunikasi yang tidak terbatas hanya pada penyebaran informasi di kalangan calon pembeli tetapi juga menckup lingkungan usaha.



  7. Tempat
  8. Tempat adalah variabel bauran pemasaran yang merupakan saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.






Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian dan Bauran Pemasaran serta Definisi Manajemen Pemasaran.




Lihat juga:


Semoga bermanfaat. .


LihatTutupKomentar

Terkini