Frekuensi Pernafasan Manusia

Pada umumnya manusia melakukan Pernafasan antar 15-18 kali (inspirasi dan ekspirasi). Cepat atau lambatnya manusia bernapas dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari dalam maupun dariluar., antara lain:

1.   Umur, umumnya makin bertambah umur seseorang, iramaPernafasannya semakin lambat. Hal ini berkaitan mekinberkurangnya kebutuhan energi.

2.   Jenis kelamin, laki-laki umunya beraktivitas lebih banyak danbekerja lebih keras daripada perempuan. Hal ini akanmengakibatkan semakin tingginya kebutuhan energi, sehinggamembutuhkan banyak oksigen untuk meningkatkan lajumetabolisme tubuh.

3.   Suhu tubuh, semakin rendah suhu semakin cepat Pernafasan,sebaliknya semakin tinggi suhu semakin lambat Pernafasan.Tetapi hal yang demikian tidak berlangsung secara linier.

4.   Posisi tubuh, hal ini menentukan sedikit banyak otot dan organtubuh yang bekerja. Hal ini berarti menentukan kebutuhanenergi untuk mendukungnya.

5.   Aktivitas tubuh, semakin banyak organ tubuh yang bekerja dansemakin berat kerja organ tersebut, semakin tinggi kebutuhanenergi yang diperlukan, sehingga laju metabolisme dan iramaPernafasan semakin cepat.

LihatTutupKomentar

Terkini