Memilih Calon Istri (1)

Rasululloh SAW telah membimbing umatnya dalam memilih calon istri dan menunjukkan kriteria yang harus di jadikan landasan utama dan menjelaskan sifat-sifat yang harus di jadikan pilihan, Rosululloh SAW bersabda :


تُنْكَحُ اْلمَرْأَةُ ِلاَرْبَعٍ :لِجَمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَ لِدِيْنِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“ Wanita itu biasa di nikahi karena 4 perkara ; karena kecantikan, kekayaan, keturunan dan Agamanya.” (HR.Bukhori Muslim) 

Di dahulukan kata kecantikan dalam hadist itu, karena kecantikan wanita biasa mengalahkan tuntunan laki-laki. Pertama-tama yang dikagumi oleh orang laki-laki adalah kecantikan baru kemudian harta. Tapi pendidik yang agung Rosululloh SAW berpesan kepada para remaja supaya lebih memilih wanita yang kokoh Agama dan akhlaknya, karena Agama yang kuat seorang istri akan setia memelihara kehormatan dan harta suaminya dan dengan akhlak yang mulia di miliki seorang istri akan dapat melanggengkan kecintaan suami pada istrinya.

Namun tak ada salahnya selain memilih calon istri yang beragama kokoh dan berakhlak mulia juga berparas cantik maka itulah kesempurnaan sejati yang bisa menjadikan hati lebih tenang dan tentram, lebih kuat menjaga penglihatan dan lebih sempurna perasaan cintanya.

Wanita yang beragama dan berakhlak mulia, mengetahui hak Allah yang ada padanya dan hak suaminya dan ia berusaha melaksanakan semua itu dengan penuh keikhlasan. Maka istri sholehah adalah nikmat dan istri yang durhaka pada suami adalah adzab dan laknat.

Nabi SAW bersabda :

من سعادة ابن آدم ثلاثة : المرأة الصالحة والمسكن الصالح والمركب الصالح ومن شقاوة ابن آدم ثلاثة : المرأة السوء والمسكن السوء والمركب السوء.

“ Di antara penyebab kebahagian manusia ada tiga; istri yang sholihah, tempat tinggal yang baik dan kendaraan yang baik. Dan di antara penyebab kesengsaraan manusia ada tiga pula; istri yang durhaka, tempat tinggal yang buruk dan kendaraan yang jelek “.

Dan sabdanya lagi :

الدنيا متاع و خير متاع الدنيا المرأة الصالحة 

“ Dunia adalah kesenangan sementara, dan sebaik-baik kesenangan dunia adalah istri yang sholihah “.



Ust. Ibnu Abdillah Al Katiby
LihatTutupKomentar

Terkini